Tuesday, January 7, 2014

cara menjaga kebugaran

Cara Menjaga Stamina Tubuh Agar Tetap Prima saat Beraktivitas, Biasanya kita mengabaikan tentang pentingnya menjaga stamina tubuh kita. Tetapi nyatanya stamina mempunyai peranan yang sangat penting pada tubuh kita dan itu tidak dapat kita pungkiri. Ketika tubuh kita kehabisan stamina tentu kita tidak dapat beraktifitas secara maksimal, baik itu aktifitas anda secara pisikal ataupun aktifitas berpikir terutama pada waktu usia kita lebih tua. Kita harus memikirkan dari sekarang bagaimana cara menjaga stamina agar selalu sehat.

Dengan adanya stamina yang Prima, tubuh pun akan tidak gampang sakit. Karena tubuh anda akan dapat menahan masuknya penyakit jika stamina pada tubuh anda selalu Prima. Disini kami mempunyai beberapa tips dan cara menjaga stamina tubuh agar tetap prima saat beraktivitas.
Rutin Berolahraga, Sudah banyak dokter yang mengatakan bahwa olahraga merupakan obat terbaik untuk menambah energy dan mengatasi kelelahan terutama Olahraga gembira atau olahraga aerobik. Dengan berolahraga aerobik seperti lari, berenang dan bersepeda akan dapat memperkuat jantung anda sehingga akan lebih banyak pula pasokan oksigen yang akan disampaikan ke seluruh tubuh. Dengan begitu produktifitas energy pun akan semakin banyak.
Banyak minum Air, kekurangan cairan pada tubuh merupakan salah satu penyebab kelelahan. Jika tubuh kita kekurangan cairan maka darah akan mengental. Pada akhirnya darah akan lebih lambat dialirkan dan butuh lebih banyak waktu untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh, karena dengan minum secukupnya akan meningkatkan stamina tubuh.
Makan dengan Porsi sedikit tetapi sering, Makan dengan porsi banyak dan kaya karbihidrat akan menyebabkan gula darah meningkat. Ini akan membuat lebih banyak insulin yang akan dikeluarkan oleh tubuh. Dengan Kondisi seperti ini akan berakibat terlalu banyak gula darah yang dikirim ke sel otot untuk disimpan dan Inilah yang menjadi biang keladi dari kelelahan. Oleh karena itu lebih baik sering makan tetapi dengan porsi kecil yang mempunyai asupan Gizi tinggi.
Rubah rutinitas anda, Bila kegiatan sehari-hari anda sudah dapat ditebak, anda harus melakukan perubahan pada rutinitas anda. Karena, kebosanan akan menjadi salah satu faktor yang akan menyebabkan energy anda lebih banyak terkuras.
Beristirahat walaupun sejenak, Pada saat anda sudah mencapai titik jenuh dan kelelahan pada aktifitas anda luangkan sedikit waktu untuk merefresh diri anda. Mengistirahatkan hanya dengan beberapa menit sudah cukup untuk memulihkan energi anda agar dapat melanjutkan aktifitas anda.
Konsumsi suplemen vitamin, mineral dan asam lemak omega 3, Dr. Roberta Lee, Direktur Continuum Center for Health and Healing di Beth Israel Medical Center, New York AS, menyarankan asupan multivitamin dan mineral untuk pasien yang kelelahan. Mengapa? Vitamin antioksidan membantu tubuh menetralkan kerusakan dalam sel karena serangan radikal bebas. Mineral mendukung kinerja hati dan ginjal dalam melakukan kerja detoksifikasi tubuh. Asam lemak omega 3 membantu kerja setiap sel tubuh agar berjalan mulus.
Beri prioritas, Buat daftar hal paling penting dalam hidup, apa yang ingin Anda lakukan. Melakukan hal yang tak diinginkan, kata Tony Schwartz, pengarang buku The Power of full Engagement, akan menghabiskan energi.
Ubah rutinitas, Bila kegiatan sehari-hari sudah dapat ditebak, ubah kebiasaan itu. Ini dapat menyebabkan kebosanan, biang keladi penguras energi. Coba dengarkan jenis musik baru, tempuh rute baru ke kantor, atau ngobrol dengan orang baru.
Inilah 8 Tips Untuk menjaga Stamina agar tetap Prima saat Beraktivitas.